KONDISIONING
OPERAN B.F SKINNER
Banyak teori tentang belajar yang telah
berkembang mulai abad ke 19 sampai sekarang ini. Pada awal abad ke-19 teori
belajar yang berkembang pesat dan memberi banyak sumbangan terhadap para ahli psikologi
adalah teori belajar tingkah laku (behaviorisme) yang awal mulanya
dikembangkan oleh psikolog Rusia Ivan Pavlav (tahun 1900-an) dengan
teorinya yang dikenal dengan istilah pengkondisian klasik (classical
conditioning) dan kemudian teori belajar tingkah laku ini
dikembangkan oleh beberapa ahli psikologi yang lain seperti Edward Thorndike,
B.F Skinner dan Gestalt.
Teori belajar behaviorisme ini berorientasi pada hasil
yang dapat diukur dan diamati. Pengulangan dan pelatihan digunakan supaya perilaku
yang diinginkan dapat menjadi kebiasaan. Hasil yang diharapkan dari penerapan
teori behavioristik ini adalah terbentuknya suatu perilaku yang diinginkan.
Perilaku yang diinginkan mendapat penguatan positif dan perilaku yang kurang
sesuai mendapat penghargaan negatif. Evaluasi atau Penilaian didasari atas
perilaku yang tampak. Dalam teori belajar ini guru tidak banyak memberikan
ceramah,tetapi instruksi singkat yang diikuti contoh baik dilakukan sendiri
maupun melalui simulasi.
Di awal abad 20 sampai sekarang ini teori belajar behaviorisme
mulai ditinggalkan dan banyak ahli psikologi yang baru lebih mengembangkan
teori belajar kognitif dengan asumsi dasar bahwa kognisi mempengaruhi prilaku.
Penekanan kognitif menjadi basis bagi pendekatan untuk pembelajaran. Walaupun
teori belajar tigkah laku mulai ditinggalkan diabad ini, namun
mengkolaborasikan teori ini dengan teori belajar kognitif dan teori belajar
lainnya sangat penting untuk menciptakan pendekatan pembelajaran yang cocok dan
efektif, karena pada dasarnya tidak ada satu pun teori belajar yang betul-betul
cocok untuk menciptakan sebuah pendekatan pembelajaran yang pas dan
efektif.
Dalam makalah ini akan dibahas sebuah teori belajar
dari aliran behaviorisme yaitu teori belajar kondisioning operan B.F Skinner
yang terdiri dari beberapa hal yaitu:
· Sejarah munculnya teori kondisioning operan B.F Skinner.
· Kajian umum teori B.F Skinner.
· Aplikasi teori skinner terhadap pembelajaran.
· Analisis perilaku terapan dalam pendidikan
· Kelebihan dan kekurangan teori skinner
Komentar
Posting Komentar