Lesson study adalah belajar pada suatu pembelajaran. Seorang guru dapat belajar tentang
pembelajaran mata kuliah tertentu melalui tampilan pembelajaran yang ada (live/real
atau rekaman video). Guru bisa mengadopsi metode, teknik ataupun strategi
pembelajaran, penggunaan media dan sebagainya yang diangkat oleh guru penampil untuk ditiru atau dikembangkan di kelasnya
masing-masing. guru lain atau pengamat perlu melakukan analisis untuk
menemukan sisi positif atau negatif dari pembelajaran tersebut dari menit ke
menit. Hasil analisis ini sangat diperlukan sebagai bahan masukan bagi guru penampil untuk perbaikan atau lewat profil pembelajaran
tersebut, guru atau pengamat bisa belajar atas inovasi pembelajaran
yang dilakukan oleh guru lain. Lebih lanjut Wang Iverson dan Yoshida (2005)
mengemukakan beberapa definisi yang berkaitan dengan lesson study antara
lain sebagai berikut:
a). Lesson study (Jugyokenkyu) merupakan bentuk
pengembangan keprofesionalan guru dalam pembelajaran, yang dikembangkan di
Jepang, yang di dalamnya dosen secara sistematis dan kolaboratif melaksanakan
penelitian pada proses belajar mengajar di dalam kelas untuk pengembangan dan
pengalaman pembelajaran yang diampu dosen.
b). Lesson study menjadikan guru belajar tentang pengembangan dan peningkatan kualitas
pembelajaran di dalam kelas.
c). Lesson study merupakan pendekatan komprehensif
untuk pembelajaran yang profesional yang dilaksanakan secara tim melalui
tahapan-tahapan perencanaan, implementasi pembelajaran di dalam kelas dan
observasi, refleksi dan diskusi data hasil observasi serta pengembangan
pembelajaran lebih lanjut.
Menurut Lewis (2002) pembelajaran yang berbasis pada lesson
study perlu dilakukan karena beberapa alasan antara lain lesson study
merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang
dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa. Hal ini disebabkan (1)
pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil sharing
pengetahuan profesional yang berlandaskan pada proses dan hasil pengajaran yang
dilaksanakan para guru, (2) penekanan mendasar pada pelaksanaan suatu lesson
study adalah agar para siswa memiliki kualitas belajar, (3) kompetensi yang
diharapkan dimiliki siswa dijadikan fokus dan titik perhatian utama dalam
pembelajaran di kelas, (4) berdasarkan pengalaman nyata di kelas, lesson
study mampu menjadi landasan bagi pengembangan pembelajaran, dan (5) lesson
study akan menempatkan peran para guru sebagai peneliti pembelajaran.
Menurut Wang Iverson dan Yoshida (2005) bahwa lesson
study memiliki beberapa manfaat antara lain (1) mengurangi ketersaingan guru dari komunitasnya, (2) membantu guru untuk mengobservasi dan mengkritisi pembelajarannya, (3)
memperdalam pemahaman guru tentang materi pembelajaran, cakupan dan urutan materi dalam kurikulum, (4) membantu
guru memfokuskan bantuannya terhadap seluruh aktivitas
belajar siswa, (5) menciptakan terjadinya pertukaran pengetahuan
tentang pemahaman berpikir dan belajar dari
siswa, dan (6) meningkatkan kolaborasi terhadap sesama guru
pengajar.
Hal demikian
memberikan arti bahwa lesson study memberikan banyak kesempatan kepada
para guru
untuk membuat bermakna terhadap ide-ide pendidikan dalam proses pembelajaran,
untuk merubah perspektif guru tentang pembelajaran dan untuk belajar melihat proses
mengajar yang dilakukan guru dari perspektif siswa. Dalam lesson study dapat
dilihat hal-hal yang terjadi dalam pembelajaran secara obyektif dan hal
demikian membantu guru memahami ide-ide penting dalam memperbaiki proses
pembelajaran.
Joyce,
B., & Weil.M. (1996). Models
teaching. Boston: Allyn & Bacon A. Simon & Schuster Company. Kaipa.P., & Milus.T.(2005). Soft
skills are smartskills. Diambil pada tanggal 16 Oktober2010 dari http://kaipagroup.com/article/soft
skills .pdf
Kapp
M. K.,& Hamilton, B. (2006). White
paper: Designing Instruction to Teach Principles (soft
skill).
Institut for Interactive Technologies. Diambil pada 2 September 2010, dari
http//wwwKarkapp.com/materials/teaching%20Principles Pdf.
Lewis,
Catherine C. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Instructional
Change, Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.
Komentar
Posting Komentar