ZonaSainsKita~
Dalam praktiknya, ada beberapa versi
penelitian dan pengembangan sesuai dengan para ahli masing-masing. Selain
metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dikenal juga
metode penelitian pengembangan (Development Research) yang hampir sama tetapi
ada perbedaan. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang memadai tentang
kedua jenis metode penelitian tersebut agar dapat melaksanakan penelitian
dengan baik.
Menurut Gay (1990), penelitian
pengembangan adalah suatu usaha untuk mengembangkan suatu produk yang efektif
untuk digunakan sekolah, dan bukan untuk menguji teori. Selanjutnya, penelitian
pengembangan didefinisikan sebagai suatu pengkajian sistematik terhadap
pendesainan, pengembangan dan evaluasi program, proses dan produk pembelajaran
yang harus memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektifitas (Seals dan
Richey, 1994). Sejalan dengan definisi tersebut, Plomp (1999) menambahkan
kriteria “dapat menunjukkan nilai tambah”selain ketiga kriteria yang disebutkan
oleh Seals dan Richey.
Selanjutnya, Van den Akker dan Plomp
(1993) mendeskripsikan penelitian pengembangan berdasarkan dua tujuan yaitu:
(1) pengembangan prototype produk, dan (2) perumusan saran-saran metodologis
untuk pendesainan dan evaluasi prototipe produk tersebut.Sedangkan Richey dan
Nelson (1996) membedakan penelitian pengembangan atas dua tipe sebagai berikut.
(a) Tipe pertama difokuskan pada pendesaianan dan evaluasi atas produk atau
program tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran tentang proses
pengembangan serta mempelajari kondisi yang mendukung bagi implementasi program
tersebut; (b) Tipe kedua dipusatkan pada pengkajian terhadap program
pengembangan yang dilakukan sebelumnya. Tujuan tipe kedua ini adalah untuk
memperoleh gambaran tentang prosedur pendesainan dan evaluasi yang efektif.
Berdasarkan pendapat beberapa ahli di
atas, dapat dipahami bahwa penelitian pengembangan adalah suatu proses kajian
sistematik untuk mengembangkan dan memvalidasi produk yang digunakan dalam
pendidikan. Produk yang dikembangkan/dihasilkan antara lain berupa bahan
pelatihan untuk guru, materi ajar, media pembelajaran, soal-soal, dan sistem
pengelolaan dalam pembelajaran. Bersambung ke Tujuan Penelitian Pengembangan
Komentar
Posting Komentar