Berikut ini adalah abstrak atau kutipan dari jurnal ilmiah (english) berbayar/ tesis/skripsi/artikel yang dapat Anda miliki secara utuh (full paper) dengan menghubungi admin ~~
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat
diartikan sebagai “berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan
teknik pengelolaan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi
serta penggunaannya” (Munir, 2009: 31). TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi
dan teknologi
komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi
mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentrasfer data
dari perangkat yang satu ke lainnya.
Penguasaan TIK berarti kemampuan memahami dan menggunakan alat TIK secara umum termasuk komputer
dan memahami informasi.
Tinio (Munir, 2009: 32) mendefinisikan TIK sebagai “seperangkat alat
yang digunakan untuk
berkomunikasi dan menciptakan, mendiseminasikan, menyimpan, dan mengelola informasi”. Teknologi
yang dimaksud termasuk komputer, internet,
teknologi penyiaran
(radio dan televisi), dan telepon. UNESCO (2004) mendefenisikan bahwa TIK adalah teknologi yang digunakan
untuk berkomunikasi dan menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Defenisi umum TIK adalah
komputer, internet, telepon, televisi, radio, dan peralatan audio visual.
Dari berbagai
definisi tentang TIK, maka dapat disimpulkan bahwa TIK tidak sekedar alat
komunikasi, komputer, tetapi di dalamnya termasuk internet, radio, televisi,
dan telepon.
PUSTAKA
Kusumah, Wijaya. (2010). Aplikasi dan potensi TIK dalam pembelajaran. Tersedia pada http://www.wijayalabs.wordpress.com/Aplikasi%20dan%20Potensi%20TIK%20dalam%20Pembelajaran.htm
(diakses tanggal 25 Maret 2013).
Munir. (2010). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan
komunikasi. Bandung: CV Alfabeta.
Purbo, Onno W. (2002). Teknologi e-learning.
Jakarta:
Elex Media Komputindo.
Tim SEAMOLEC. (2008). Model integrasi teknologi informasi dan komunikasi
dalam pembelajaran di SMA studi kasus di SMA N 7- Jakarta. Laporan Penelitian. Jakarta:
SEAMOLEC.
Komentar
Posting Komentar