Disiplin berasal dari kata disciple, yang artinya sikap seseorang yang secara sukarela mengikuti seorang pemimpin. Orang tua dan guru merupakan pemimpin, anak merupakan murid yang belajar dari mereka cara hidup, menuju ke hidup yang berguna dan bahagia. Konsep positif dari disiplin sama dengan pendidikan dan bimbingan karena menekankan pertumbuhan di dalam, disiplin diri dan pengendalian diri (Hurlock, 2007). Disiplin yang dilakukan dalam suatu suasana emosional yang positif akan menjadikan proses pendidikan yang menimbulkan keikhlasan dari dalam diri untuk berbuat sesuai peraturan, tanpa merasa takut atau terpaksa.
Disiplin terjadi bila pengaruh diberikan oleh seseorang yang memberikan rasa aman, tumbuh dari pribadi yang berwibawa serta dicintai, bukan dari orang yang ditakuti atau berkuasa (Semiawan, 2008). Dari beberapa pendapat ahli diatas dapat diambil pengertian bahwa disiplin merupakan persesuaian antara sikap, tingkah laku dan perbuatan seseorang dengan suatu peraturan yang sedang diberlakukan.
Disiplin dapat tumbuh dan dapat dibina melalui penanaman kebiasaan yang harus dimulai dalam lingkungan keluarga, masa kanak-kanak dan terus tumbuh berkembang dan menjadikannya bentuk disiplin yang semakin kuat. 2. Pengertian belajar Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis jenjang pendidikan.
Berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa ketika berada di sekolah maupun dirumah (Syah, 2009). Demikian pula menurut Slameto (2003) bahwa belajar adalah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya . Pengertian belajar menurut Djamarah (2002) adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.
Sesuai dengan pendapat tentang pengertian belajar di atas, terkandung pengertian bahwa belajar adalah serangkaian kegiatan yang sengaja dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk memperoleh perubahan secara menyeluruh dalam tingkah lakunya, sebagai hasil dari pengalamannya dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Berdasarkan pengertian disiplin belajar di atas, yang dimaksud disiplin belajar dalam penelitian ini adalah kesadaran diri, sikap atau tingkah laku anak yang taat dan patuh dalam menjalankan kewajibannya untuk belajar, terutama untuk disiplin belajar di rumah. Orangtua mempunyai kewajiban untuk membimbing dan memberi teladan yang baik, memberi semangat, menciptakan komunikasi yang lancar antara orang tua dan anak, menanyakan tentang kesulitan belajar anak saat di sekolah, serta memenuhi kelengkapan belajar anak.
Disiplin belajar di rumah perlu mendapat perhatian khusus dari orangtua karena keberadaan anak lebih banyak berada di lingkungan keluarga, dilingkungan sekolah selain waktunya relatif singkat, tata tertib yang ada di sekolah sudah mengharuskan siswa untuk disiplin sehingga secara otomatis sebagian besar anak akan disiplin belajar saat di sekolah, selain itu seorang guru juga harus menangani banyak siswa.
Komentar
Posting Komentar